Wakapolres Kulonprogo : Tips Bersepeda Di Masa Pandemi Covid-19

Wakapolres Kulonprogo : Tips Bersepeda Di Masa Pandemi Covid-19

Wakapolres Kulonprogo Kompol Sudarmawan, S.Pd., M.M. menyampaikan, gowes atau bersepeda adalah salah satu bentuk olahraga untuk meningkatkan daya tubuh/imun di masa pandemi Covid-19. Gowes bisa untuk sarana transportasi maupun untuk olahraga, gowes termasuk olahraga aerobik atau olahraga yg banyak membutuhkan O² dan gerakannya kontinyu atau terus menerus yang sangat bermanfaat untuk jantung dan paru-paru.

“Kapolres Kulonprogo sudah mencanangkan prrogram PIT SELAWAE (Pit Kanggo Sekolah Lan Nyambut Gawe) sebelum pandemi Covid-19, program ini diharapkan bisa mengurangi angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas yang didominasi kendaraan roda dua dan anak-anak pelajar”, ujar Kompol Sudarmawan, S.Pd., M.M.

Pada masa pandemi Covid-19 kita tidak bisa menghindar tetapi kita harus hadapi dengan protokol kesehatan dan meningkatkan imun atau kekebalan tubuh kita, salah satu untuk meningkatkan imun tubuh adalah dengan berolahraga. Olahraga gowes kalau kita laksanakan dengan teratur, terukur dan sesuai umur akan bermanfaat mulai dari melancarkan sirkulasi darah, membantu menurunkan berat badan, hingga mengurangi risiko terkena berbagai penyakit,

“Gowes bisa dilakukan oleh siapa saja, bersepeda bisa membuat tubuh lebih aktif bergerak, sehingga kekebalan tubuh akan meningkat. Bukan hanya untuk kesehatan fisik, tetapi juga mental. Gowes yang benar guna tidak membentuk klaster baru”, tambah Kompol Sudarmawan, S.Pd., M.M.

Wakapolres menambahkan, gowes pada masa pandemi tentu berbeda dengan situasi biasa, menurut saya pada masa pandemi Covid-19 ada beberapa tips gowes agar bermanfaat bagi kesehatan kita atau justru tidak menjadi cluster :

A. Gowes mandiri

1. Persiapkan perlengkapan gowes ,cek tekanan ban, fungsi rem, dll;

2. Agar melakukan pemanasan/warming up yang cukup;

3. Bawa air minum sendiri, bawa hand sanitizer;

4. Menggunakan masker;

5. Tentukan route sesuai kemampuan.

B. Gowes berkelompok

1. Pastikan jumlah peserta maksimal 50 peserta;

2. Tunjuk petugas pengatur jarak, minimal 1 meter;

3. Pastikan cek kesehatan sebelum gowes dengan cek suhu dan denyut nadi;

4. 50 orang dipecah menjadi 5 kelompok (masing-masing kelompok 10 orang dan berjarak minimal 1 meter);

5. Peserta wajib gunakan masker dimana saat bersepeda masker hanya menutupi mulut, untuk hidung tetap terbuka;

6. Saat istirahat hindari berkerumun;

7. Selesai gowes harus mandi yang bersih dan ganti baju.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply