Satuan Resnarkoba Polres Kulonprogo Bongkar Peredaran Psikotropika

Satuan Resnarkoba Polres Kulonprogo Bongkar Peredaran Psikotropika

Sat Resnarkoba Polres Kulonprogo berhasil membongkar peredaran psikotropika di wilayah hukum Polres Kulonprogo. Hal ini disampaikan oleh Kasat Resnarkoba AKP Munarso, S.H., M.M. saat pelaksanaan konferensi pers pada hari Kamis (31/10/2019).

“Empat orang pemuda kami amankan atas kasus peredaran pil Alprazolam dan Riclonazepam. Empat pemuda tersebut yakni DRR, FAN, IS dan AWN warga Kulonprogo. Keempat pelaku ini diamankan pada waktu dan tempat yang berbeda-beda.” Ucap AKP Munarso, S.H., M.M.

AKP Munarso, S.H., M.M. menambahkan bahwa DRR merupakan pelaku pertama yang diamankan. Setelah diperiksa, DRR menyebut tiga nama kawannya yang ternyata juga telah lama dipantau pergerakannya oleh pihak kepolisian. Dalam pemeriksaan selanjutnya, DRR ternyata terlibat dalam peredaran sediaan farmasi.

Dalam pengedarannya, setiap pelaku memiliki peran masing-masing. AWN merupakan otak di balik peredaran obat ini lantaran dia memberikan pil kepada ketiga pelaku lainnya. Dalam pemeriksaan itu, Satresnarkoba Polres Kulonprogo menyita ponsel dan KTP keempat pelaku. Selain itu juga mengamankan dua pil Yarindo dari FAN.

“Pada kasus ini barang bukti yang kami dapat memang sedikit. Namun, dari pemeriksaan yang bersangkutan dalam satu hari bisa mengedarkan 90 hingga 150 pil, kalau ada pemesanannya. Dijual perbagor untuk satu plastik itu, isinya sekitar 10 butir. Rata-rata dijual seharga Rp 35 ribu hingga Rp ribu. Enggak pasti tarifnya, bisa juga dibagi cuma-cuma” pungkas AKP Munarso, S.H., M.M.

Keempat pemuda ini dijerat dengan Pasal 196 dan Pasal 197 UU Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan dengan hukuman maksimal 15 tahun penjara. Pasal tambahan disangkakan bagi DRR, yakni Pasal 65 UU Nomor 5 Tahun 1997 tentang Psikotropika dengan denda maksimal Rp 100.000.000,- dan hukuman penjara paling lama 5 tahun.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply