Sat Resnarkoba Ungkap Dua Kasus Penyalahgunaan Dan Peredaran Psikotropika Di Wilayah Kulonprogo

Sat Resnarkoba Ungkap Dua Kasus Penyalahgunaan Dan Peredaran Psikotropika Di Wilayah Kulonprogo

Anggot Satresnarkoba Polres Kulonprogo pada hari Jumat (9/11) berhasil mengungkap dua kasus peredaran dan penyalahgunaan psikotropika. Hal ini diungkapkan langsung oleh Kasat Resnarkoba Polres Kulonprogo, AKP Munarso, SH., pada hari Kamis (27/12) saat konferensi pers di Mapolres Kulonprogo.

“Kasus pertama yakni tangkap tangan pelaku pengedar psikotropika dengan TKP Jalan Tentara Pelajar Dusun Beji, Kelurahan Wates pada pukul 01.30 Wib, adapun pelakunya adalah saudara SA (25) yang merupakan warga Dusun Krajan, Desa Watukuro, Purwodadi, Purworejo. Dari tangan SA didapatkan barang bukti berupa 10 butir pil Mersi Alprazolam yang disimpan di saku celana sebelah kanan dan 2 butir pil Mersi Alprazolam yang disimpan di dalam dashboard sepeda motor”, ujar AKP Munarso, SH.

Menurut keterangan pelaku SA, pil tersebut diperoleh dengan cara membeli dari saudara JP pada hari Minggu (4/11) di Pasar Klitikan Wirobrajan, Yogyakarta dengan harga Rp 810.000,- mendapatkan 30 butir pil Mersi Alprazolam dan mendapatkan bonus berupa 4 butir pil Mersi Alprazolam.

“Untuk saudara JP masih dalam pengejaran atau DPO. Sementara pil tersebut sebagian telah dijual/diedarkan kepada saudara AS sebanyak 20 butir dengan harga Rp 540.000,- pada hari Kamis (8/11) di pinggir jalan Dusun Beji dan sebanyak satu butir pil tersebut diberikan secara cuma-cuma kepada saudara Totok pada hari yang sama di Jalan Sanun Dusun Beji”, tambah AKP Munarso, SH.

Barang bukti yang disita dari pelaku SA meliputi 12 butir pil Mersi Alprazolam 1mg, satu buah celana pendek warna hitam, satu unit sepeda motor beserta STNK dan anak kunci, serta 1 buat KTP atas nama tersangka. Atas perbuatannya pelaku melanggar Pasal 62 dan Pasal 60 ayat (2) UU Nomor 5 Tahun 1997 tentang Psikotropika dengan ancaman maksimal 5 tahun penjara.

“Sedangkan kasus kedua yakni penangkapan pelaku penyalahgunaan psikotropika dengan TKP Jalan Daendles pada pukul 22.30 Wib, adapun pelakunya yakni saudara ZKP (38) warga Pedukuhan XII Gunungsaren Lor, Desa Trimurti, Srandakan, Bantul. Dari hasil penggeledahan ditemukan sebanyak 10 butir pil Camlet Alprazolam 0,5mg, 10 butir pil Xanax Alprazolam 1mg, dan 29 butir pil Esligen Estazolam 2mg yang disimpan di saku celana sebelah kiri”, ujar AKP Munarso, SH.

Atas perbuatannya pelaku melanggar Pasal 62 UU Nomor 5 Tahun 1997 tentang Psikotropika dengan ancaman maksimal 5 tahun penjara.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply