Polsek Panjatan Ungkap Kasus Pencabulan Terhadap Anak Di Bawah Umur

Polsek Panjatan Ungkap Kasus Pencabulan Terhadap Anak Di Bawah Umur

Polsek Panjatan berhasil ungkap kasus tindak pidana persetubuhan/pencabulan terhadap anak di bawah umur yang terjadi di wilayah hukum Polsek Panjatan. Pengungkapan kasus ini disampaikan PLH Wakapolres Kulonprogo Kompol Sudarmawan, S.Pd., M.M. didampingi Kapolsek Panjatan AKP Maryanto, S.H., M.M., Kasubbag Humas Polres Kulonprogo AKP Sujarwo, dan Kanit Reskrim Polsek Panjatan Iptu Toni Suspriyanto, S.H. saat konferensi persi di Mapolres Kulonprogo, Jumat (28/2/2020).

Kejadian tersebut terjadi pada bulan Desember tahun 2019 lalu dengan TKP Kalurahan Kanoman, namun korban melaporkan ke Polsek Panjatan pada hari Jumat tanggal 21 Februari 2020. Adapun pelaku berinisial KK warga Panjatan dan korban berjumlah 4 anak di bawah umur, sedangkan pelaku berhasil kami amankan pada hari Rabu tanggal 26 Februari 2020 di PO. Sumber Alam Kutoarjo saat pelaku pulang dari Jakarta bersama anaknya.

“Pada hari Rabu tanggal 19 Februari 2020 orang tua korban bersama empat wali murid lainnya diundang pihak sekolah, sesampai di sekolah diberitahu beberapa guru dan menyampaikan bahwa beberapa anak telah disetubuhi atau dicabuli oleh KK. Selanjutnya melakukan konfirmasi terhadap anak, dan mengakui bahwa keempata anak tersebut telah disetubuhi lebih dari satu kali. Modusnya pelaku membujuk dan mengancam terhadap anak untuk melakukan perbuatan persetubuhan setelah itu diberi uang”, ujar Kompol Sudarmawan, S.Pd., M.M.

Dari peristiwa ini berhasil mengamankan barang bukti berupa satu unit handphone, satu buah disc hasil pembicaraan rekaman antara guru dan korban, empat stel pakaian milik korban, serta satu buah sarung milik pelaku. Pasal yang disangkakan terhadap pelaku KK meliputi Pasal 81 atau 82 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak dengan ancaman hukuman minimal 3 tahun penjara atau denda Rp 60.000.000,- atau hukuman maksimal 15 tahun penjara atau denda Rp 300.000.000,-.

Pada kesempatan ini Kompol Sudarmawan, S.Pd., M.M. mengingatkan kepada seluruh orang tua untuk tetap menjaga, melindungi anak-anaknya dari segala bentuk ancaman keamanan. “Orang tua agar tetap mewaspadai siapapun yang diduga akan melakukan tindak kejahatan termasuk tindak pelanggaran pencabulan”, pungkasnya.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply