Polres Kulonprogo Ungkap Kasus Penggelapan Dana Bantuan Covid-19

Polres Kulonprogo Ungkap Kasus Penggelapan Dana Bantuan Covid-19

Wakapolres Kulonprogo Kompol Sudarmawan, S.Pd., M.M. didampingi Kasubbag Humas, KBO Satuan Reskrim serta Kanit III Satuan Reskrim Polres Kulonprogo melaksanakan kegiatan Konferensi Pers Tindak Pidana Penggelapan Penyaluran Dana Bantuan Covid-19 Dari Sumber Dana Aspirasi Dewan Provinsi Dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Sumber Dana Desa Bulan Agustus 2020 di Mapolres Kulonprogo. Selasa (27/10/2020).

“Adapun pelaku berinisial SNY (42) warga Kokap terbukti melakukan tindak pidana penggelapan penyaluran dana bantuan Covid-19 dari sumber dana aspirasi Dewan Provinsi dan BLT sumber dana desa Bulan Agustus 2020. Modus operandi pelaku SNY membuat surat kuasa palsu kemudian digunakan untuk mengambil dana bantuan Covid-19 dan tersangka juga melakukan potongan terhadap warga penerima bantuan dengan dalih hasil uang potongan akan dibagikan kepada warga lain yang tidak mendapat bantuan”, Kompol Sudarmawan, S.Pd., M.M.

Barang bukti yang diamankan dari pelaku SNY berupa uang tunai senilai Rp 4.800.000,-, uang tunai Rp 80.000,-, 3 lembar surat kuasa yang digunakan untuk mengambil dana bantuan, dan 1 lembar surat pernyataan bersalah dari saudara pelaku SNY. Total kerugian senilai Rp 7.800.000,-, meliputi Dana bantuan aspirasi Dewan Provinsi Rp 4.200.000,- dan Rp. 3.600.000,- berasal dari Bantuan Langsung Tunai (BLT) sumber dana desa.

“Atas perbuatannya pelaku dikenakan Pasal 374 KUHP atau Pasal 372 KUHP tentang Penggelapan dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara”, Kompol Sudarmawan, S.Pd., M.M.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply