Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila, Kapolres : “Saya Pancasila, Saya Indonesia”

Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila, Kapolres : “Saya Pancasila, Saya Indonesia”

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2017 dilaksanakan di halaman Mapolres Kulonprogo, bertindak selaku Inspektur Upacara Kapolres Kulonprogo AKBP Irfan Rifai, SH., SIK. dan dihadiri oleh Pejabat Utama dan perwira Jajaran Polres Kulonprogo, anggota Polres Kulonprogo serta PNS Polres Kulonprogo. Minggu (1/10).

Pelaksanaan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasilan tersebut dilaksanakan pada pukul 07.00 Wib, selaku Perwira Upacara AKP Jaka Untara, Komandan Upacara AKP SUprihno, Pembawa Acara Bripda Rurry Feby Prabawati dan Bripda Dwi Wahyuni serta Pembaca Doa Bripda Deti Lestari.

Kapolres Kulonprogo, AKBP Irfan Rifai, SH., SIK. saat menyampaikan amanat menyatakan “Peringatan Hari Kesaktian Pancasila setiap tanggal 1 Oktober, harus dijadikan sebagai kesempatan untuk merefleksikan tentang pemaknaan nilai-nilai dan kesaktian Pancasila itu sendiri”.

“Hal ini penting khususnya bagi generasi muda bangsa ini. Generasi baru tidak akan memiliki rasa percaya diri dan kebanggaan atas bangsa ini tanpa mengenali sesungguhnya sejarah kehidupannya. Pada tanggal 1 Oktober rakyat Indonesia memperingati Hari Kesaktian Pancasila dengan diadakannya upacara di berbagai instansi pemerintah, dan untuk skala nasional upacara tersebut diadakan di lokasi tempat terjadinya sejarah yaitu di Lubang Buaya begitu juga Polres Kulonprogo merayakannya hari ini.” Tuturnya.

Kapolres Kulonprogo, AKBP Irfan Rifai, SH., SIK. menambahkan “bahwa Hari Kesaktian pancasila adalah hari dimana Negara Indonesia terselamatkan dari pemberontakan yang dilakukan oleh kalangan Partai Komunis Indonesia (PKI). Peristiwa gerakan 30 September 1965 oleh PKI  menyebabkan jatuhnya korban dari kalangan militer. Tokoh-tokoh tersebut ditetapkan sebagai pahlawan revolusi Indonesia pada 5 Oktober 1965 (pada perkembangannya pemerintah RI menetapkan tokoh-tokoh tersebut sebagai pahlawan nasional pada tahun 2009). Dari uraian diatas dapat kita simpulkan bahwa pengertian Kesaktian Pancasila adalah hari dimana Republik Indonesia dapat diselamatkan dari pemberontakan PKI. Dengan terungkapnya kasus penculikan yang dilakukan oleh PKI maka secara cepat dan sigap pemerintah Indonesia memutuskan untuk memberantas para pelaku penculikan dan otak dari peristiwa kriminal tersebut.” Ungkapnya.

Pada akhir amanatnya, AKBP Irfan Rifai, SH., SIK. mengajak kepada seluruh peserta upacara untuk meneriakkan “Saya Pancasila, Saya Indonesia. Saya Pancasila, Saya Indonesia”.

 

Humas Polres Kulonprogo

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply