Pastikan Jalur Aman, Kapolda DIY Beserta Danrem 072/PMK dan Ka PT KAI Daop VI Cek Jalur Kereta Api

Pastikan Jalur Aman, Kapolda DIY Beserta Danrem 072/PMK dan Ka PT KAI Daop VI Cek Jalur Kereta Api

Kapolda DIY Brigjen Pol. Drs. Ahmad Dofiri, M. Si. bersama Danrem 072/ Pamungkas Brigjen Kavaleri Muhammad Zamroni dan Kepala PT KAI Daop VI Yogyakarta Eko Purwanto melakukan pemantauan jalur perlintasan kereta api, Kamis (31/5/2018). Pemantauan yang juga dihadiri oleh Wakil Bupati Kulonprogo Drs. H. Sutedjo, Kapolres Kulonprogo AKBP Anggara Nasution, SH., SIK., MM. beserta sejumlah instansi terkait dimulai dari Stasiun Tugu, Yogyakarta hingga Stasiun Wates.

Kapolda DIY Brigjen Pol. Drs. Ahmad Dofiri, M. Si. mengatakan, kegiatan pengecekan kesiapan lintasan kereta api ini rutin dilakukan setiap menjelang lebaran. Begitupun dengan kesiapan stasiun sehingga pemudik merasa lebih aman dan nyaman saat di perjalanan.

“Sejauh ini persiapan perlintasan kereta api tak menemui kendala apapun. Kami pastikan selama arus mudik dan lebaran mendatang perlintasan kereta api di DIY bakal tetap aman,” ungkap Kapolda DIY, Kamis (31/5/2018) ditemui di Stasiun Wates.

Adapun untuk pengamanan, pihaknya akan mengerahkan 2.700 personel dari anggota Polri. Namun jumlah tersebut masih ditambah dari unsur TNI, ormas dan relawan hingga totalnya menjadi sekitar 4.600 orang.

“Selama lebaran juga ada penambahan lokomotif, sehingga jadwal keberangkatan bakal bertambah. Kami berharap warga lebih berhati-hati,” tambah Kapolda DIY.

Ditanya soal perlintasan kereta api sebidang tanpa palang pintu, Kapolda menyebut bahwa resiko kerawanan diharapkan bisa berkurang. Pasalnya, seluruh perlintasan kereta api sebidang tanpa palang pintu bakal dijaga oleh petugas selama lebaran.

“Lagipula kini sebagian besar perlintasan tanpa palang pintu yang ada hanya bisa dilalui oleh sepeda motor,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Kepala PT KAI Daop VI Yogyakarta Eko Purwanto menuturkan bahwa kondisi rel kereta api di wilayah DIY dalam keadaan baik. Ia menyebut bahwa pihaknya selalu melakukan perawatan rutin dari segala aspek.

“Semuanya sudah oke. Infrastruktur sudah selesai semua. Di titik-titik tertentu telah kita lakukan penguatan palang perlintasan karena ada penambahan jadwal perjalanan kereta api,” kata Eko Purwanto.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply