Polsek Pengasih

KAPOLSEK PENGASIH

AKP SUMALUGI, S.H., M.H.,

PROFIL

1. GEOGRAFIS

a. Kecamatan Pengasih merupakan salah satu dari 12 Kecamatan di Kabupaten Kulonprogo dengan luas wilayah Kecamatan Pengasih 6.166,4685 Ha dan batas wilayahnya meliputi :

  • Sebelah utara : Kecamatan Girimulyo dan Nanggulan
  • Sebelah selatan : Kecamatan Wates dan Panjatan
  • Sebelah barat : Kecamatan Kokap dan Temon
  • Sebelah timur : Kecamatan Sentolo

b. Kecamatan Pengasih terbagi menjadi 7 Desa : Desa Kedungsari, Desa Margosari, Desa Pengasih, Desa Sendangsari, Desa Karangsari, Desa Tawangsari dan Desa Sidomulyo.

c. Lingkungan Fisik Alami Kecamatan Pengasih

1) Curah Hujan

Curah hujan di Kecamatan Pengasih bervariasi, yakni 2.000-2.500 mm/th, 2.500 – 3.000 mm/th dan 3.000-3.500 mm/th. Curah hujan merupakan salah satu bentuk dari endapan, yaitu titik-titik air yang terdapat di awan dan kemudian jatuh ke permukaan bumi Banyak sedikitnya curah hujan bergantung pada beberapa faktor,yaitu kelembaban udara pada suatu wilayah,  topografi,  arah  dan kecepatan angin, dan arah lereng    medan. Curah hujan tertinggi berada di sebagian wilayah Desa Sidomulyo. Curah hujan sedang berada di sebagian wilayah Desa Sidomulyo, Desa Sendangsari dan Desa Karangsari. Sedangkan curah hujan rendah berada di wilayah Desa Pengasih, Desa Tawangsari, Desa Margosari dan Desa Kedungsari.

2) Hidrolog

Hidrologi adalah sesuatu yang berhubungan dengan air bumi. Di Kecamatan Pengasih terdapat beberapa sumber air, antara lain di Desa Tawangsari, Desa Sendangsari dan Desa Sidomulyo. Sumber mata air di Desa Sendangsari (Clereng) selain mensuplai air di wilayah Pengasih juga dimanfaatkan oleh wilayah lain di Kulonprogo. Namun demikian beberapa wilayah di Kecamatan Pengasih juga memanfaatkan sumber air dari wilayah kecamatan lain, yaitu sumber  air dari Waduk Sermo di wilayah Kecamatan Kokap. Secara umum di wilayah Kecamatan Pengasih terkait dengan masalah air telah tercukupi, terutama untuk konsumsi.

3) Elevasi

Elavasi adalah ketinggian suatu tempat terhadap daerah sekitar, biasanya titik nol nya adalah permukaan laut. Elevasi tertinggi untuk wilayah Kecamatan Pengasih berada di Desa Sidomulyo yang  13,53 Ha dari luas wilayahnya berada pada ketinggian lebih dari 500 mdpl (meter diatas permukaan laut). Sedangkan elevasi terendah berada pada ketinggian kurang dari 7 mdpl yang terdapat disemua wilayah desa, dengan   wilayah elevasi terendah kurang dari 7 mdpl terluas berada di wilayah Desa Tawangsari (267,40 Ha).

4) Infrastrktur Transportasi

  • Dilewati jalan Negara dari Yogyakarta sampai Purworejo yaitu melintasi Ds. Kedungsari dan Ds. Tawangsari
  • Terdapat Jalan Propinsi dan Jalan Kabupaten Rel   KA   melintasi  Ds. Kedungsari,  Ds. Margosari, Dan Ds. Karangsari
  • Beberapa Jembatan seperti Jembatan Dayakan, Jembatan
    Serang, Jembatan Derwolo, Jembatan Clereng, Jembatan Sawah Aking, dan Jembatan Kutogiri.

2. DEMOGRAFI

Data menurut jenis kelamin

3. Sumber Daya Alam

a. Luas Desa Di Rinci Menurut Penggunaan Lahan ( Ha )

b. Pertanian Padi Sawah

c. Peternakan

VISI DAN MISI

VISI

Polsek pengasih mampu menjadi pelindung Pengayom dan Pelayan Masyarakat yang selalu dekat dan bersama-sama masyarakat, serta sebagai penegak hukum yang profesional dan proposional yang selalu menjunjung tinggi supermasi hukum dan hak azasi manusia, Pemelihara keamanan dan ketertiban serta mewujudkan keamanan wilayah Kapanewon Pengasih .

MISI

Memberikan perlindungan, pengayoman, pelayanan serta memelihara keamanan dan ketertiban kepada masyarakat sehingga dapat mewujudkan keamanan wilayah Kapanewon Pengasih dengan kegiatan preemtif dan preventif yang selalu ditingkatkan.

Menegakkan hukum secara profesional dan
proporsional dengan menjunjung tinggi supremasi hukum dan hak azasi manusia
menuju kepada adanya kepastian hukum dan rasa keadilan.

Mengutamakan Problem solving atau penyelesaian secara restorative justis sehingga tercapai penyelesaian secara kekeluargaan dan terciptanya  kerukunan , keadilan masyarakat dengan mengedapankan Tindakan preventive untuk terciptanya harkamtibmas wilayah kapanewon Pengasih

Memelihara soliditas institusi Polri dengan intasi samping untuk bersama menciptakan harkamtibmas.

 Meningkatkan kesadaran hukum dan kesadaran berbangsa bagi masyarakat di wilayah  kapanewon Pengasih.