Kenalilah Penyebab Paham Radikalisme Agar Tidak Terjerumus

Kenalilah Penyebab Paham Radikalisme Agar Tidak Terjerumus

 

Hasil gambar untuk stop radikalisme dan terorisme di indonesia

Jangan biarkan radikalisme dan terorisme berkembang di negara Indonesia. Kehancuran negara ini bisa terjadi karena adanya kedua paham ini. Lalu apa penyebab radikalisme dan terorisme dapat berkembang di negara ini. Ada beberapa penyebabnya :

Tingkat kemiskinan. Kemiskinan bisa menyebabkan seseorang melakukan tindakan yang radikal karena solusi atas permasalahan mereka adalah bagaimana mereka dapat memperoleh kesejahteraan. Apabila ada sekelompok orang tertentu menawarkan dan mengiming-imingi kesejahteraan bisa dimungkinkan akan mudah tergiur.

Permasalahan Keadilan. Sekelompok orang yang merasa atau pernah mengalami ketidakadilan akan lebih mudah dimasuki paham radikalisme dan terorisme. Para teroris akan menawarkan solusi mencapai keadilan dengan cara mereka.

Rendahnya tingkat pendidikan. Salah satu bentuk kehancuran dari suatu negara adalah masyarakatnya yang bodoh. Masyarakat yang kurang mengenyam pendidikan akan mudah disusupi kedua paham tersebut.

Pemahaman yang sempit terhadap agama. Seseorang yang memiliki pemahaman yang dangkal terhadapagama dan kitab sucinya akan mudah dimasuki kedua paham tersebut. Karena kelompok radikal akan mengambil dan menyimpangkan isi ajaran agama untuk mencapai tujuan dan kepentingan kelompok mereka.

Pahami konsep mati syahid, jihad dan kafir secara benar. Pahami dengan benar ketiga konsep tersebut secara menyeluruh dalam Al-Quran. Pemahaman yang dangkal dan sepotong-sepotong akan menyebabkan masuknya peluang kelompok radikal.

Ingin mendirikan ideologi negara agama. Pada tahap tertentu ideologi negara agama turut menyuburkan paham terorisme. Karena sebagaimana diakui para teroris, mereka menjalankan semua aksinya dengan tujuan mendirikan negara agama.

Pemahaman tentang agama yang baik dan benar sesuai tuntunan dapat dimuai dari lingkungan keluarga. Untuk itu peran keluarga sangatlah penting untuk menjaga kerukunan dan keamanan di lingkungannya yang dapat berdampak kepada keamanan nasional.

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply