Kenaikan Tarif PNBP Berimbas Kepada Pelayanan Masyarakat

Kenaikan Tarif PNBP Berimbas Kepada Pelayanan Masyarakat

Rabu, Januari 11, 2017

Terkait dengan kenaikan tarif PNBP yang saat ini masih jadi perbincangan masyarakat, Kasat Intelkam Polres Kulonprogo AKP Totok Atmanto menuturkan bahwa PP 50 tahun 2010 menjadi temuan BPK karena adanya peningkatan biaya produksi namun tidak diimbangi dengan penyesuaian tarif. oleh karena itu terbitlah PP 60 tahun 2016 tentang jenis tarif PNBP Polri.

PNBP Fungsi Intelkam meliputi ijin senpi dan handak, kembang api dan SKCK, namun hanya SKCK yang di tangani Polres, sedangkan ijin senpi, handak dan kembang api di tangani Polda, Polres hanya rekomendasi saja.

“Untuk fungsi Intelkam sendiri ada kenaikan biaya penerbitan SKCK, yang dulunya Rp. 10.000,- menjadi Rp. 30.000,-” ujar Kasat Intelkam

Meningkatnya tarif PNBP ini nantinya berdampak kepada pelayanan masyarakat yang lebih baik. Standart pelayanan SKCK sesuai dengan petunjuk Kemenpan antara lain :

Adanya ruang tunggu
Banner / Brosur mekanisme pelayanan
Kotak saran / pengaduan
Papan biaya PNBP
Sarana Laktasi (menyusui)
Sarana kaum difabel
Waktu selesai pelayanan SKCK
Job Description
Smooking area

Dari petunjuk diatas untuk Polres Kulonprogo ada 3 yang belum terealisasi yaitu Sarana laktasi (belum ada ruangan), smooking area (belum ada ruangan) dan sarana kaum difabel (masih dalam proses).

Mengenai Program Mabes Polri untuk pelayanan SKCK Online Polres Kulonprogo dan Polsek Wates sudah siap petugas input data, tinggal menunggu kesiapan peralatan dari mabes Polri.
Humas Polres Kulonprogo

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply