Hari Bhayangkara Ke-72, Kapolres Kulonprogo Pimpin Ziarah Di TMP Giripeni

Hari Bhayangkara Ke-72, Kapolres Kulonprogo Pimpin Ziarah Di TMP Giripeni

Kulonprogo –  Dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara 1 Juli, Polres Kulonprogo beserta Polsek Jajaran melaksanakan upacara  ziarah di Taman Makam Pahlawan Giripeni Kulonprogo. Upacara ziarah  di Taman Makam Pahlawan Giripeni dilaksanakan pada hari Sabtu, 30 Juni 2018, bertindak sebagai Inspektur Upacara Kapolres Kulonprogo AKBP Anggara Nasution, SH. SIK. MM. dan peserta upacara terdiri dari personel Polres Kulonprogo, perwakilan Polsek Jajaran dan PNS serta Bhayangkari.

Dalam rangkaian kegiatan upacara tersebut, Kapolres Kulonprogo memimpin penghormatan kepada arwah para pahlawan dan meletakkan karangan bunga sebagai bentuk penghormatan kepada jasa para pahlawan yang berjuang demi kemerdekaan bangsa Indonesia.

Kapolres Kulonprogo menjelasakan bahwa tujuan dilaksanakan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Giripeni ini adalah untuk mengingatkan kembali atas jasa-jasa pahlawan kepada anggota Polri agar bisa menjadi semangat dalam melaksanakan tugas.

Tanggal 1 Juli adalah perayaan hari Bayangkara yang merupakan hari penting bagi Kepolisian Nasional, yang ditandai dengan keluarnya Peraturan Presiden No 11 Tahun 1946 pada tanggal 1 Juli 1946. Hari Bayangkara bukanlah hari lahir kepolisian RI. Kata ‘Bayangkara’ muncul sejak masa kerajaan Majapahit, yang merupakan pasukan khusus untuk melindungi raja dan kerajaan. Istilah Bayangkara populer saat itu dan merupakan pasukan khusus bentukan Mahapatih Gajah Mada. Pada saat kedudukan kolonial Belanda, pasukan pengamanan digunakan sebagai pengawas harta masyarakat Eropa. Saat pendudukan pemerintahan Jepang, kepolisian dibagi dalam beberapa wilayah per pulau.

Setelah kemerdekaan, pasukan kepolisian tetap eksis dan bernaung di bawah lingkungan Kementerian Dalam Negeri. Saat itu, polisi bernama Djawatan Kepolisian Negara yang hanya bertanggung jawab masalah administrasi, sedangkan masalah operasional dilimpahkan kepada Jaksa Agung. Kemudian mulai tanggal 1 Juli 1946 dengan Penetapan Pemerintah tahun 1946 No. 11/S.D. yang menyatakan bahwa Djawatan Kepolisian Negara bertanggung jawab langsung kepada Perdana Menteri. Sejak tanggal 1 Juli inilah yang setiap tahun diperingati sebagai Hari Bhayangkara, hingga saat ini.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply