Tinjau Kondisi Fisik Anggota, Polres Kulonprogo Gelar Tes Kesamaptaan Jasmani

Tinjau Kondisi Fisik Anggota, Polres Kulonprogo Gelar Tes Kesamaptaan Jasmani

Mulai hari Senin (8/10) lalu, Polres Kulonprogo menggelar Tes Kesamaptaan Jasmani (TKJ). Tes digelar selama lima hari berturut-turut sampai dengan hari Jumat (12/10) di Alun-Alun Wates.

Dijelaskan Kapolres Kulonprogo AKBP Anggara Nasution, SH., SIK., MM., melalui Kasubbag Humas Polres Kulonprogo, Iptu Sujarwo, kegiatan ini sebagai sarana untuk mengukur kemampuan fisik personel Polres Kulonprogo.

“Tes ini digelar secara berkala. Setahun dua kali. Pesertanya seluruh personel Polres Kulonprogo baik Polri maupun ASN”, jelas Kasubbag Humas Polres Kulonprogo, Iptu Sujarwo.

Adapun yang dites antara lain lari 12 menit, push up, sit up, pull up, dan shuttle run. Berdasarkan umur, tes kesamaptaan ini digolongkan menjadi 4 golongan.

“Golongan I usia 18 sampai 30, golongan II usia 31 sampai 40, golongan III usia 41 sampai 50 tahun dan yang terakhir golongan IV usia 51 sampai 58 tahun,” jelasnya.

Penggolongan berdasarkan usia ini berkaitan dengan penilaian dan perlakuan tes kesamaptaan jasmani.

“Jadi tidak mungkin, yang tua ini mengikuti yang muda. Tidak mungkin yang tua ini harus mengimbangi yang muda. Namun jangan sampai, yang muda malah kalah dengan yang tua. Jika tidak memenuhi batas minimal bisa diulang”, tukasnya.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply