Polsek Sentolo

TRI GATRA

A. GEOGRAFI :  

Luas wilayah hukum Polsek Sentolo berada di wilayah Kabupaten Kulonprogo dengan luas wilayah 5.346251 Ha. dengan ketinggian 35 m di atas permukaan laut dengan suhu rata-rata 39 C / 30 C. Jarak pusat pemerintahan kecamatan dengan desa terjauh 9 Km. dengan jarak tempuh 0.25 jam, sedangkan jarak ke kota Kabupaten 13 Km. dengan jarak tempuh 0,20 jam.

Kecamatan Sentolo mempunyai batas-batas wilayah sebagai berikut :

  1. Sebelah Utara berbatasan dengan Kecamatan Nanggulan Kabupaten Kulonprogo.
  2. Sebelah Timur berbatasan dengan kabupaten Bantul / Kabupaten Sleman.
  3. Sebelah Selatan berbatasan dengan Kecamatan Lendah Kabupaten Kulonprogo.
  4. Sebelah Barat berbatasan dengan Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulonprogo.

Iklim Kecamatan Sentolo pada dasarnya sama dengan wilayah lain mengalami musim hujan dan musim kemarau dimana musim hujan terjadi pada bulan Oktober s/d Maret sedangkan musim kemarau pada bulan Maret s/d Oktober. Curah Hujan rata-rata pertahun 594 mm/tahun.

 

B. DEMOGRAFI

Wilayah Sentolo secara umum penduduknya berstatus Warga Negara Indonesia (WNI) dan dari warga negara Indonesia tersebut terdapat warga keturunan Cina yang bertempat tinggal di Sentolo.

Jumlah penduduk kecamatan Sentolo berjumlah 50.224.jiwa dengan perincian sebagai berikut :

  1. laki-laki        = 24.992 Jiwa
  2. Perempuan = 25.232 jiwa.

Secara Umum penduduknya bermata pencaharian sebagai petani/pekebun, pedagang, peternak, buruh, PNS, TNI/POLRI dan pengrajin.. Jumlah lapangan pekerjaan yang ada belum mampu menyerap tenaga kerja sehingga sebagian penduduk mencari pekerjaan diluar wilayah termasuk menjadi TKI/TKW.

Dengan telah ditetapkannya wilayah kecamatan Sentolo menjadi kawasan Industri berdasarkan Perda Kulonprogo nomor 1 tahun 2012 tanggal 20 Februari 2012 tenbtang Rencana tata Ruang wilayah Kulonprogo tahun 2012-2032 telah banyak berdatangan invester dalam menanamkan modalnya dengan mendirikan pabrik / usaha yang secra perlahan telah menyerap banyak tenaga kerja lokal.

 

C. SUMBER DAYA ALAM

Topografi menunjukan bahwa kecamatan Sentolo termasuk ke dalam area dataran perbukitan dengan kondisi temperatur yang sedang, kondisi tanah merupakan jenis tanah Lathosol dari induk batuan kapur.

Di daerah perbukitan dimanfaatkan warga untuk membudidayakan tanaman keras dan sebagian dimanfaatkan untuk menambang batu kapur sebagai bahan bangunan sedangkan di daerah dataran rendah dimanfaatkan untuk lahan pertanian dan perikanan dengan memanfaatkan air yang bersumber dari sungai Progo.

Wilayah kecamatan Sentolo terdapat sumber air dalam sekala kecil dibeberapa wilayah / desa sedangkan keperluan air untuk irigasi memanfaatkan sungai Progo, sungai progo joga dimanfaatkan oleh warga khususnya masyarakat desa Salamrejo, Sentolo dan Tuksono sebagai lokasi penambangan pasir secara manual.

Hutan yang ada di wilayah Sentolo merupakan hutan rakyat yang berada di desa Salamrejo, Kaliagung dan Tuksono dengan jenis tanaman kayu jati dan kayu Mahoni