BAGREN

 

BAGREN POLRES KULONPROGO

(1)    Bagren  merupakan unsur pengawas dan pembantu pimpinan, yang berada di bawah Kapolres.

(2)    Bagren bertugas:

  1. membina dan menyelenggarakan fungsi perencanaan umum dan anggaran;
  2. menyiapkan perencanaan kebijakan teknis dan strategis Polres;
  3. memantau atau monitoring dan evaluasi pelaksanaan program dan anggaran serta penerapan sistem dan manajemen organisasi;
  4. membina penerapan sistem dan manajemen organisasi di lingkungan Polres; dan
  5. menerapkan Reformasi Birokrasi Polri (RBP) pada tingkat Polres.

(3)     Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, Bagren menyelenggarakan fungsi:

  1. perumusan kebijakan umum dan Renstra Polres, termasuk sasaran program, pelaksanaan Analisis dan Evaluasi (Anev) serta pemantauan atas pelaksanaannya;
  2. pemantauan, penganalisisan dan evaluasi terhadap penerapan sistem dan manajemen organisasi, termasuk pelaksanaan manajemen program dan anggaran;
  3. penyusunan, pengendalian, dan pelaporan Renja, anggaran, dan Anev;
  4. penyiapan dokumen perencanaan program dan anggaran serta mengkoordinasikan pengelolaan anggaran Polres; dan
  5. perumusan implementasi, pengumpulan dan pengolahan data laporan serta penganilisisan meliputi bidang instrumental, struktural, dan kultural.

Bagren dipimpin oleh Kabagren yang bertanggung jawab kepada Kapolres, dan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari di bawah kendali Wakapolres.

Bagren terdiri dari:

  1. Subbag Program Anggaran (Subag progar);
  2. Subag Pengendalian Program Anggaran (Subag dalprogar)

Subagprogar bertugas melaksanakan perencanaan program kerja dan anggaran Polres.

  1. perencanaan program dan anggaran meliputi penyusunan RKA-KL, DIPA dan penetapan kinerja Polres;
  2. pemberian bimbingan teknis penyusunan RKA-KL dan DIPA Satker di lingkungan Polres;
  3. penyusunan dan penelaahan rencana kebutuhan anggaran Polres yang diusulkan Satker jajaran Polres baik yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), non APBN, dan anggaran tertentu;
  4. pemberian bimbingan dan arahan teknis dalam penyusunan pelaksanaan program dan anggaran, agar sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan; dan
  5. pemantauan, penyusunan laporan, dan evaluasi pelaksanaan APBN, non APBN, dan anggaran tertentu.

Subagdalgar bertugas menyusun laporan realisasi anggaran, Anev, membimbing dan mengarahkan secara teknis pelaksanaan program dan anggaran. Dalam melaksanakan tugas Subagdalgar menyelenggarakan fungsi:

  1. pemantauan, supervisi, penyusunan laporan realisasi anggaran, dan Anev pelaksanaan program dan anggaran di lingkungan Polres;
  2. pembuatan administrasi otorisasi anggaran yang bersumber dari Dana Pemeliharaan Kesehatan (DPK) dan anggaran tertentu;
  3. pemberian bantuan teknis revisi RKA-KL dan DIPA Satker di lingkungan Polres serta mengkoordinasikan dengan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan (Kanwil DJPb Kemenkeu);